Pendekatan Penelitian

Advertisement
Pengumpulan data merupakan proses yang sangat penting dalam sebuah penelitian karena data merupakan suatu bahan yang akan dijadikan landasan dalam pengambilan kesimpulan. Oleh karena itu, data harus terjamin validitasnya. Validitas data akan terjamin jika alat pengumpulan data beserta sumber daya manusia yang berperan sebagai pengembal data dapat dipertanggungjawabkan. 

Pengumpulan data tersebut dapat dilakukan setelah penyusunan rancangan penelitian selesai dilaksanakan. Kegiatan pengumpulan data merupakan sebuah kegiatan yang bersifat sistematis dan berkaitan dengan metode yang dipergunakan dalam kegiatan penelitian. Dengan demikian, metode pengumpulan data harus disesuaikan dengan jenis penelitian.

Terdapat dua pendekatan yang dikenal dalam kegiatan penelitian, yakni pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. 

1.Pendekatan Kualitatif
Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian yang mana data-data bersifat kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang berbentuk kata-kata, bukan data yang berbentuk angka-angka. Keseluruhan data yang diperoleh tersebut kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk sajian yang bersifat naratif, bukan dalam bentuk statistik. 

Dengan demikian, kemampuan analisis dari peneliti sangat menentukan dalam pengambilan kesimpulan. Dalam pendekatan kualitatif, pada umumnya peneliti langsung terjun ke lapangan untuk melakukan observasi secara aktif (participant observation). Kegiatan observasi tersebut ditindaklanjuti dengan kegiatan mencatat, menganalisis, menafsirkan data yang didapat, mengambil kesimpulan, dan melaporkan hasil penelitian.

2. Pendekatan Kuantitatif
Sedangkan pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam proses penelitian yang mana data yang dipakai adalah data-data kuantitatif, yakni berbentuk angka-angka. Berkenaan dengan data kuantitatif tersebut, maka dalam proses pengolahan data selalu digunakan analisis statistik. Pada umumnya data statistik disajikan dalam bentuk tabel, grafik, diagram, dan sejenisnya.

0 Response to "Pendekatan Penelitian"

Posting Komentar

wdcfawqafwef